Senin, 13 Juni 2016

Prosedur Administrasi Tes Minat

Prosedur Administrasi Tes Minat
Menurut John L. Holland prosedur administrasi tes minat meliputi :
1. Alat administrasi
Seluruh penyajian untuk setiap bentuk sub tes tidak membutuhkan batasan waktu dalam mengerjakannya. Namun tergantung pada daya faham kelompok atau subyek. Sebenarnya dalam menggunakan alat tes digunakan seseorang yang jenjang pendidikan SMA-dewasa. Sedangkan alat-alat administrasi yang digunakan untuk pengerjaan tes adalah : buku tes,lembar jawaban, pensil, dan penghapus.
2. Persiapan Tes
Kepada subyek diberikan satu buku dan dua lembar kertas jawaban tes minat. Alat tulis yang   digunakan adalah sebatang pensil dan sebuah penghapus. Buku persoalan tes ini berisi empat macam tes, yang cara mengerjakannya berbeda-beda. Tes ini terdiri dari pernyataan terbuka tentang kondisi dan penilaian diri anda.
3. Skoring
Pada kolom sebelah kanan terdapat kolom untuk pengisian scoring, untuk pengisiannya dilihat berdasarkan jumlah benar (Y) pada setiap subtes, yang disesuaikan dengan lajur mendatar. Untuk penilaian pada setiap lajur dihitung benarnya (Y) dan kemudian dimasukkan pada kolom sebelah kanan.
Daftar Referensi
Holland, J.L (1985). Making Vocational Choices, A Theory of Vocational Personalities and Work Environtments, 2nd Edition. New Jersey : Prentice Hall, Inc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar