Senin, 13 Juni 2016

Jurnal Lalu Lintas dan Alat Tes Psikologi

Confirmatory Factor Analysis Tes Inteligensi Kolektip Indonesia Tingkat Menengah(TIKI-M)
Oleh:
Farida Ariani Rachmawati
Fitri Andriani
Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol. 3, No. 1, April 2014
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas konstruk Tes Inteligensi Kolektip Indonesia tingkat Menengah (TIKI -M) dengan menggunakan confirmatory factor analysis .
TIKI-M merupakan tes inteligensi yang disusun pada tahun 1977 atas kerjasama Vrije Universiteit Belanda dan Universitas Padjadjaran. Data subyek yang terkumpul berjumlah 377 orang, subjek yang digunakan adalah siswa kelas 3 S MP hingga kelas 2 SMA.
Confirmatory factor analysis dilakukan untuk menguji melihat apakah subtes-subtes TIKI-M mendukung faktor-faktor inteligensi yang diukur. Hasil penelitian menunjukkan subtes-subtes TIKI-M mendukung faktor-faktor inteligensi sesuai dengan teori yang mendasarinya.
TIKI -M memiliki koefisien reliabilitas CR=0,918. Koefisien tersebut menunjukkan bahwa TIKI -M reliabel.  Meskipun parameter lain memenuhi kriteria Maximum Likelihood, dengan nilai p=0,00 (p≥0,05) sehingga model TIKI-M dalam penelitian ini dianggap tidak fit.
HUBUNGAN KONFORMITAS DENGAN KEDISIPLINAN BERLALU LINTAS PADA ANGGOTA KLUB MOTOR DI SAMARINDA
Oleh :
Ade Septian Noor
Fakultas Psikologi Universitas Mulawarwan
eJournal Psikologi, Volume 3, Nomor 3, 2015: 621-633
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas dengan kedisiplinan berlalu lintas pada anggota klub motor di Samarinda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel tergantung yakni kedisiplinan berlalu lintas dan variabel bebas yakni konformitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala konformitas dengan kedisiplinan.
Sampel dalam penelitian ini adalah anggota klub motor di Samarinda sebanyak 100 dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yaitu korelasi produk momen (correlation product moment). Penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat signifikan dan positif antara konformitas dan kedisiplinan berlalu lintas dengan r = 0.312 dan p = 0.002.

Daftar Referensi
Rachmawati,F.A&Adiani,F.(2014).Confirmatory Factor Analysis Tes Inteligensi Kolektip Indonesia Tingkat Menengah(TIKI-M). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan.3.1. Diunduh dari http://journal.unair.ac.id pada 2 Juni 2016
Noor,A.S.(2015). Hubungan  Konformitas dengan Kepatuhan Berlalu Lintas pada Anggota Klub Motor di Samarinda. eJournal Psikologi.3.3. 621-633  Diunduh dari http://ejournal.psikologi.fisip.unmul.ac.id pada 2 Juni 2016

2 komentar:

  1. Great site for these post and i am seeing the most of contents have useful for my Carrier.Thanks to such a useful information.Any information are commands like to share him.

    Dotnet Training in Chennai

    BalasHapus
  2. This is a very interesting web page and I have enjoyed reading many of the articles and posts contained on the website, keep up the good work and hope to read some more interesting content in the future.
    Spring Training in Chennai
    VMWare Training in Chennai
    Web Designing Training in Chennai

    BalasHapus