Minggu, 29 Mei 2016

Administrasi Alat Tes

Administrasi alat tes dibagi menjadi tiga tahap yaitu:

a. Persiapan sebelum tes
- Menjaga keamanan dan integritas assement : Setelah menerima alat tes yang telah dibeli, tes administrator harus menjaga keamanan dari orang-orang yang tidak berwenang untuk menggunakannya. Tidak boleh proses untuk memperbanyak alat tes dengan cara apapun. Hanya tenaga profesional yang boleh menafsirkan dan menjaga integritas dari alat tes tersebut.
- Menyiapkan siswa untuk penilaian : test administrator mungkin bertanggung jawab untuk menyiapkan para siswa. Tes ini dipergunakan untuk berbagai hal, salah satunya yaitu membuat keputusan berdasarkan hasil tes yang diperoleh.
- Persiapan administrator tes sebelum testing : administrator tes harus berhati-hati dalam mengintrepretasikan hasilnya, lalu dilihat pula kelengkapan alat tes yqng akan digunakan.
- Memilih jadwal untuk testing :
Penjadwalan waktu pengujian segera sebelum atau setelah liburan, pada
hari acara sekolah, Senin pagi, atau pada hari Jumat sore tidak disarankan. Disarankan untuk memberikan istrirahat diantara tes.
- Memilih lingkungan untuk tes : tes harus diadministrasikan di kelas sebanyak 25 orang. Jika lebih dari 25 orang maka perbandingan antara administrator dengan individu yang di test.

B. Praktik saat tes
-material tes : hal ini berkaitan dengan alat dan bahan yang dipergunakan pada saat tes yaitu seperti booklet, alat tulis dan lain-lain
- lingkungan ruangan saat tes : . Ruang pengujian harus memiliki cahaya dan ventilasi yang cukup dan bebas
dari kebisingan.

- Petunjuk membaca : petunjuk dapat dibaca kembali oleh tes administrator

- Observasi saat tes: hal ini diperlukan bahwa para peserta sudah mengikuti petunjuk dengan benar

- Mengumpulkan semua dokumen : tes administrator harus mengumpulkan semua lembar jawaban, buklet,dan material tes yang digunakan saat tes berlangsung

Prosedur Mengikuti Administration Test

Setelah pengujian, tes administrator mengelola penilaian harus mengambil langkah-langkah berikut untuk menjaga integritas dan validitas hasil 

•Memeriksa Jawaban Dokumen

Administrator pengujian harus memeriksa setiap dokumen jawaban dan memastikan bahwa semua lengkap dan tidak ada tanda kebohongan.

Mengidentifikasi informasi tentang dokumen jawaban masing-masing siswa harus diperiksa untuk akurasi dan dilengkapi dengan informasi yang diperlukan di mana diperlukan sebagaimana ditentukan oleh arah untuk mengelola.

•Kemasan Jawaban Dokumen untuk Mesin Scoring

Dokumen harus hati-hati dikemas dan dikirim sesuai dengan Petunjuk untuk Kemasan dan Pengiriman Jawaban Dokumen. Metode pengiriman harus prabayar dengan bukti surat untuk meminimalkan waktu transit.

Langkah-langkah lain untuk mempersiapkan dokumen jawaban untuk pengiriman meliputi kerusakan yang ada pada alat tes.

Referensi:

• http://www.images.pearsonassessments.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar