Senin, 13 Juni 2016

Isu dan Etika Tes Psikologi

Dalam pembahasan ini menjelaskan gambaran singkat tetntang beberapa aspek dari American Counseling Association & American Psyhological Assosiation terkait kode etik bahwa penilaian yang sangat tinggi, pandangan singkat yang telah dikembangkan untuk membantu dalam penggunaan prosedur etis dalam penilaian dan diskusi tentang proses pembuatan keputusan etis.
Choosing Appropriate Assessment Instruments
Menguji kelayakan dengan realibilitas , Validitas (tes pengukuran apa yang seharusnya di ukur). (Neukrug& Fawcett,2010)
Competence In The Use of Tests
Dibagi menjadi beberapa bagian yang terdiri dari beberapa level :
Level A : Tes jenis ini dapat dipergunakan oleh non  psikolog yang memiliki rasa tanggung jawab, seperti eksekutif business dan kepala sekolah.
Level B : Umumnya mencakup sebagian besar tes prestasi atau minat
individual atau kelompok, dan tes personal.
Contoh alat tes kategori ini adalah tes bakat
Level C: Tes memerlukan gelar yang lebih tinggi dalam psikologi atau lisensi dalam tes tertentu.  (Neukrug& Fawcett,2010)
Confidentiality
klien berada dalam bahaya merugikan dirinya sendiri atau orang lain , anak masih di bawah umur dan hukum menyatakan bahwa orang tua memiliki hak untuk informasi tentang anak mereka, klien meminta Anda untuk memecahkan kerahasiaan misalnya kesaksian Anda diperlukan di pengadilan , Anda terikat oleh hukum untuk memecahkan kerahasiaan untuk. Contoh Anda disewa oleh pengadilan untuk menilai kapasitas individu untuk diadili , Anda terikat oleh hukum untuk memecahkan kerahasiaan untuk. Contoh Anda disewa oleh pengadilan untuk menilai kapasitas individu untuk diadili , Anda memiliki perjanjian tertulis dari klien Anda untuk mengungkapkan informasi kepada sumber misalnya pengadilan telah meminta Anda untuk mengirimkan laporan pengujian mereka. .  (Neukrug& Fawcett,2010)

Cross-Cultural Sensitivity
Berfokus pada potensi prosedur penilaian ketika memilih, mengelola, dan menafsirkan prosedur tersebut
Memperhatikan efek dari usia, warna, identitas budaya, etnis, agama jenis kelamin. (Neukrug& Fawcett,2010)
Informed Consent
Persetujuan dari orang yang akan menjalani proses dibidang psikologi yang meliputi penelitian pendidikan/pelatihan/asesmen dan intervensi psikologi. Persetujuan dinyatakan dalam bentuk tertulis dan ditandatangani oleh orang yang menjalani pemeriksaan/yang menjadi subyek penelitian dan saksi.   (Hasil Kongres XI HimPsi, 2010)
Proper Diagnosis
Menekankan peran penting saat memutuskan penilaian gangguan apa yang di prediksi. (Neukrug& Fawcett,2010)
Release Data
Persetujuan dirilisnya data oleh klien
Rilis data tersebut umumnya hanya diberikan kepada individu dan bagi mereka yang tidak akan menyalahgunakan informasi tersebut. (Neukrug& Fawcett,2010)
Test Administrasion
Memperkuat gagasan bahwa tes harus diberikan dengan cara yang sesuai dandisetiap perubahan harus .  (Neukrug& Fawcett,2010)
Test Security
Melakukan upaya untuk memastikan konten integritas dan keamanan dari uji tes itu sendiri. Profesional tidak harus menduplikasi tes mengubah materi tes dengan izin dari penerbit. (Neukrug& Fawcett,2010)
Test Scoring and Interpretation
Mencetak tes dan menafsirkan hasil, harus mencerminkan bagaimana uji kelayakan (reliabilitas, validitas) mungkin mempengaruhi hasil. (Neukrug& Fawcett,2010)
Standar Pengujian
Yang terdiri dari beberapa bagian yaitu :
standars untuk kualifikasi dari pengguna uji
tanggung jawab pengguna tes standar
standars untuk penilaian multikultural
kode praktis pengujian yg adil
hak dan tanggung jawab pengambil tes
Kompetensi penilaian dan evaluasi untuk konselor sekolah
standar pendidikan dan pengujian
(Neukrug& Fawcett,2010)

Membuat Keputusan Etis
Model pemecahan masalah yang didukung oleh Corey dan Callanan dalam Neukrug & Fawcett (2010) menunjukkan langkah ketika membuat keputusan etis yang kompleks:
Masalah identitas
Mengidentifikasi potensi masalah yang terlibat
Mengulas panduan etika yang relevan
Mengetahui hukum dan peraturan yang berlaku
Mempertimbangkan tindakan
Masalah hukum dalam Assesment
The Family Education Rights and Privacy ACT of 1974
Undang-undang Federal yang melindungi privasi catatan pendidikan seorang siswa. Hukum ini berlaku untuk semua sekolah yang mendapatkan dana program dari Departemen Pendidikan Amerika Serikat. Namun FERPA juga memberikan hak-hak tertentu terhadap orang tua mengenai catatan pendidikan anak mereka.  (Neukrug& Fawcett,2010)
The Health Insurance Portability and Accountability Act

Hukum ini disahkan untuk memberikan privasi kepada pasien dan  semua privasi data pasien tersebut akan dilindungi dan bersifat rahasia.
(Neukrug& Fawcett,2010)

FREEDOM INFORMATION ACT
undang-undang ini menjamin hak individu untuk mengakses catatan federal, termasuk catatan pengujian, jika seorang individu membuat permintaan secara tertulis. semua negara telah membuat hukum serupa yang menjamin hak untuk mengakses catatan Negara. (Neukrug& Fawcett,2010)
CIVILS RIGHTS ACTS
Bagian penting dari hak-hak warga sipil  di Amerika Serikat yang melarang diskriminasi berdasarkan ras, warna, agama, jenis kelamin, atau asal kebangsaan.  Hal ini berakhir aplikasi yang tidak merata persyaratan pendaftaran pemilih dan segregasi rasial di sekolah-sekolah, di tempat kerja dan dengan fasilitas yang melayani masyarakat umum. (Neukrug& Fawcett,2010)
Amerika dengan Disabilities Act (ADA)
Melarang diskriminasi terhadap penyandang cacat dalam pekerjaan, transportasi, akomodasi publik, komunikasi, dan kegiatan pemerintah. (Neukrug& Fawcett,2010)
Current Trends
The Proliferation of New Tests
Dorongan untuk mengembangkan tes baru ini berasal dari perselisihan profesional atas strategi terbaik untuk mengukur karakteristik manusia, lebih dari sifat karakteristik ini dan lebih dari teori tentang penyebab perilaku manusia. (Kaplan & Saccuzzo ,2013)

Higher Standards, Improved Technology and Increasing Objectivity
standar yang lebih tinggi dari konstruksi tes telah mendorong lebih baik menggunakan tes (Clauser dalam Kaplan, 2002).
Peningkatan tes baru menyediakan informasi yang diperlukan untuk pengguna tes untuk membuat pilihan datar diinformasikan dalam seleksi tes, sehingga memaksimalkan kesempatan penggunaan proper test.
Greater Public Awareness and Influence
kesadaran publik yang lebih besar dari sifat dan penggunaan tes psikologi telah menyebabkan meningkatnya pengaruh eksternal pada pengujian.
kesadaran publik telah menyebabkan peningkatan permintaan untuk layanan psikologis, termasuk layanan pengujian.
manfaat terbesar dari peningkatan kesadaran masyarakat tes telah menjadi fokus ekstra pada melindungi hak-hak asasi manusia. (Kaplan & Saccuzzo ,2013)
The Computerization of Tests
dalam pengujian komputerisasi adaptif, set yang berbeda dari pertanyaan tes yang diberikan melalui komputer untuk individu yang berbeda, tergantung pada status masing-masing individu pada sifat yang diukur.
Testing on the Internet
menurut Crespin dan Austin (dalam Kaplan, 2002) pada aplikasi masa depan yang paling penting dari psychological testing adalah melalui penggunaannya di internet.
Future Trends
Future Prospects for Testing Are Promising
pengujian memiliki masa depan yang menjanjikan.
pengujian perusahaan yang menerbitkan dan menjual banyak digunakan taruhan tinggi standar tes tidak diragukan lagi akan terus memasarkan produk mereka secara agresif.
The Proliferation of New and Improved Tests Will Continue
Dalam pengujian kepribadian terstruktur, MMPI-2 tampaknya ditakdirkan untuk menjadi ujian utama selama bertahun-tahun yang akan datang. prediksi menguntungkan ini untuk MMPI-2 adalah Pembalikan dari 1.982 prediksi yang dibuat dalam edisi pertama buku ini. dengan demikian, prospek masa depan untuk MMPI-2 memang cerah.

DAFTAR REFERENSI :

Neurug,E.S & Fawcett, R.C(2010). Essentials of Tesing & Assessment. Canada: Cangage Learning
Hasil Kongres XI HimPsi. Kode Etik Psikologi Indonesia (2010).Jakarta: Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia
Kaplan, Robert. M & Saccuzzo, Dennis.P. (2013). Psychological Testing. USA: Wadsworth.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar