Senin, 13 Juni 2016

Beberapa macam Tes Psikologi

•The Standard Pregresive Matrices dibuat untuk anak umur 6 tahun dan diatasnya, hampir sebagian itemnya susah dan tes ini bagus untuk dewasa. Tes ini terdiri dari 60 item yang dikelompokkan pada 5 set dari 12 deret.
•The Advanced terdiri dari 12 masalah di set pertama dan 36 masalah di set kedua. Form ini dikhususkan untuk individu yang memiliki intelek superior. Reliabilitas untuk tes, rendah untuk bagian peserta yang berumur lebih mudah seperti pada CPM hanya .65 sampai .94, sedangkan untuk SPM, reliablitas belah separuh adalah .86 (Gregory,2004).

Tes ini mempunyai kekurangan untuk menilai mengenai atensi pendengaran, ekspresi verbal, atau manipulasi fisik. Tetapi tes ini dapat digunakan individu dengan kemampuan bahasa Inggris yang terbatas (Gregory,2004).

•Culture Fair Intelligence Test (CFIT)

CFIT adalah tes nonverbal yang mengukur kecerdasan cairan yang pertama disusun pada tahun 1920-an oleh psikolog Raymond B.Cattell. tujun dari tes ini untuk mengukur kecerdasan cairan yaitu kemampuan analisis dan penalaran abstrak, dimana bebas bias budaya yang memungkinkan. Tes ini awalnya bernama Culture Free Intellgence Test (Gregory,2004).
Tes ini terdiri dari 3 skala yaitu skala 1 untuk orang dewasa yangcacat mental dan anak yang berumur 8 sampai 13 tahun, lalu sklaa kedua untuk orang dewsa yang rata-rata dan anak yang berumur 8 sampai 13 tahun dan skala 3 untuk orang dewasa yang berkemampuan tinggi dan untuk siswa di SMA dan perguruan tinggi. Skala 1 lebih pada digunakan tes individual, lalu skala 2 dan 3 untuk tes kelompok (Gregory,2004).
Tes ini terdiri dari 2 form yang setara yaitu form a dan form b. Tes ini juga merupakan tes yang sangat cepat, untuk skala 2 dan 30 dapat diadministrasikan selama 30 menit, tapi pada kenyataannya hanya 12,5 menit. Reliabilitas untuk full tes ini termasuk tinggi, secara umum mencapai pertengahan .80an (Gregory,2004).
Walau tes ini termasuk salah satu tes yang baik untuk digunakan, tetapi tes ini buruk dalam hal perevisian dan penormaan kembali. Tes ini juga sudah terlalu tua, gambarnya ada terlampau kecil dan hanya orang yang memiliki pengelihatan yang baik yang dapat melihat dengan jelas (Gregory,2004).

• Edwards Personal Preference Schedule (EPPS), EPPS mengandung 210 pasang laporan berbentuk pilihan pernyataan yang item-itemnya dari masing-masing 15 skala dipasangkan dengan 14 item yang lain. EPPS adalah Ipsative test. Artinya, skor yang tinggi itu relatif bukan absolut bagi para penguji.

• PAPIKOSTICK (Personality and Preference Inventory), PAPI disusun sebagai dua aspek yang terpisah, yaitu pengukuran kebutuhan atau needs dan pengukuran persepsi atau roles (persepsi keadaan individu di tempat kerja).

Daftar Referensi

Gregory, J.R.(2004).Psychological testing:history, principles,and applications, fourth edition.USA:Allyn and Bacon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar