Kamis, 05 Mei 2016

Tes Minat

Inventori Minat adalah alat pengujian yang dirancang untuk tujuan mengukur dan mengevaluasi tingkat kepentingan individu dalam, atau preferensi untuk, berbagai kegiatan; juga dikenal sebagai tes minat. Metode pengujian meliputi pengamatan perilaku langsung, tes kemampuan, dan self report yang meliputi dalam kegiatan pendidikan, sosial, rekreasi, dan kejuruan. Kegiatan terkait dengan bidang kerja dan instrumen ini hasilnya sering digunakan dalam bimbingan kejuruan.

Penggunaaan inventori minat pertama kali secara luas yaitu Strong Vocational Interest Blank dibuat pada tahun 1927 oleh E.K Strong. Tes aslinya didesain untuk laki-laki. Versi wanitanya dibuat pada tahun 1933

Pada tahun 1974, Strong Test akhirnya digabungkan menjadi Strong-Campbell Interest Inventory, yang mana direvisi pada tahun 1981.

Tes Strong-Campbell mencetak sesuai dengan 162 skala kerja yang terpisah serta 23 skala kelompok berbagai jenis pekerjaan. Penilai juga memberikan skor pada 6 golonga "general occupation themes" berasal dari skema klasifikasi J.L. Holland  (realistis, investigasi, artistik, sosial, giat, dan konvensional).

Jenis tes minat lainnya yang sering digunakan adalah The Kuder Preference Record, yang aslinya dibuat pada tahun 1939. The Kuder Preference Record mempunyai168 item, yang masing-masing berisi tiga pilihan yang umum mengenai kepentingan kerja, dari mana individu memilih salah satu yang paling disukai. Tes ini menskornya pada 10 skala kepentingan yang terdiri dari item yang memiliki korelasi yang tinggi satu sama lain.

Jenis tes minat yang lain termasuk Guilford-Zimmerman Interest  Inventory, G-S-Z Interest Survey, the California Occupational Preference Survey, the Jackson Vocational Interest Survey, dan the Ohio Vocational Interest Survey.
Ada juga inventoriyang dirancang khusus untuk anak-anak, bagi penyandang cacat, dan bagi mereka yang tertarik dalam ketrampilan berdagang.

Invetori minat yang banyak digunakan dalam konseling kejuruan, baik dengan remaja dan orang dewasa. Mereka terutama berguna dalam membantu siswa sekolah dan perguruan tinggi menjadi akrab dengan pilihan karir dan menyadari kepentingan kejuruan mereka. Inventori minat juga digunakan dalam seleksi karyawan.

Daftar referensi:
- Interest Inventory, Vocational Test, Test, and Activities - JRank Articles http://psychology.jrank.org/pages/343/Interest-Inventory.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar