Kamis, 11 Desember 2014

Bersatu Indonesia!

Guys, Selamat pagi dan Selamat mepersiapkan weekend nanti. disini saya akan membagikanreview kuliah saya minggu kemarin yang temanya tentang "satu". Iyap apalagi dengan bangsa dan negara kita itu juga sangat penting. Rasa bersatu itu terdiri dari 3 unsur yaitu :
1. cinta
2. sayang
3. komitmen
Kita akan membahas satu-satu dari pengertian diatas.
pertama cinta. Cinta? siapa yang ga pernah ngersain hayoo? pasti semua manusia merasakan hal ini. Bisa dimanapun dan kapanpun. Kalo menurut saya sih, gaada kata-kata yang bisa mewakili perasaan tersebut. Tapi cinta itu adalah hal yang selama masih bisa diperjuangkan untuk dimiliki, ayo lanjutkan perjuanganmu. Dan kalo kata temen saya, cinta itu harus memiliki, mungkin kedengaran lebih egois.Saya stuju dengan pernyataan ttersebut, karena kalo gaberbalas, mungkin bisa menimbulkan perasaan yang mengecewakan.
Sayang. Nah kalo ini menurut saya, suatu perasaan dimana kita bisa memberikan apa yang masih kita bisa perjuangkan untuk diberikan kepada bisa kepada orang atau apapun yang kita sayang dengan disertai dengan perasaan yang tulus tanpa mengharapkan balasan. Dan ini sifatnya bisa selamanya.
Dan terakhir adalah komitmen. Robbins dan Judge (2007) mendefinisikan komitmen sebagai suatu keadaan dimana seorang individu memihak organisasi serta tujuan-tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keangotaannya dalam organisasi. 

Nah jika kita kaitkan dengan semboyan negara kita yaitu "Bhineka Tunggal Ika". cocok banget kan? Bhineka Tunggal  Ika berarti berbeda-beda tetap satu jua. Arti Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu jua yang berasal dari buku atau kitab sutasoma karangan Mpu Tantular / Empu Tantular. Secara mendalam Bhineka Tunggal Ika memiliki makna walaupun di Indonesia terdapat banyak suku, agama, ras, kesenian, adat, bahasa, dan lain sebagainya namun tetap satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air. Dipersatukan dengan bendera, lagu kebangsaan, mata uang, bahasa dan lain-lain yang sama.
Kata-kata Bhinneka Tunggal Ika juga terdapat pada lambang negara Republik Indonesia yaitu Burung Garuda Pancasila. Di kaki Burung Garuda Pancasila mencengkram sebuah pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Kata-kata tersebut dapat pula diartikan : Berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
Makna Bhineka Tunggal Ika dalam Persatuan IndonesiaSebagaimana dijelaskan dimuka bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang memiliki kebudayaan dan adat-istiadat yang beraneka ragam namun keseluruhannya merupakan suatu persatuan. Penjelmaan persatuan bangsa dan wilayah negara Indonesia tersebut disimpulkan dalam PP. No. 66 tahun 1951, 17 Oktober diundangkan tanggal 28 November
1951, dan termuat dalam Lembaran Negara No. II tahun 1951.Makna Bhineka Tunggal Ika yaitu meskipun bangsa dan negara Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku bangsa yang memiliki kebudayaan dan adat-istiadat yang bermacam-macam serta beraneka ragam kepulauan wilayah negara Indonesia namun keseluruhannya itu merupakan suatu persatuan yaitu bangsa dan negara Indonesia. Keanekaragaman tersebut bukanlah merupakan perbedaan yang bertentangan namun justru keanekaragaman itu bersatu dalam satu sintesa yang pada gilirannya justru memperkaya sifat dan makna persatuan bangsa dan negara Indonesia.

Jadi tetap jaga perdamaian Indonesia, agar Indonesia tetap terjaga persatuannya. :) 


Sumber :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar