Sabtu, 01 November 2014

Kuliah Motivasi

Hai, perkenalkan nama saya Octa, ini adalah pengalaman pertama untuk ngeblog dan hari ini adalah hari pertama di bulan November. Wish-nya untuk bulan ini semoga kita lebih baik dari bulan kemarin,Amin.
Kemarin hari jumat hari terakhir di bulan Oktober, saya mendapat kuliah tentang Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti, dan juga mengalami pergantian dosen. Dosen saya yang sekarang bernama Mas Seta. Bukan kali pertama saya diajar oleh beliau, tetapi ini adalah kali kedua saya diajar oleh beliau. Pada sesi awal perkuliahan dimulai dengan berdoa, dan perkenalan. Lalu masuklah pada sesi perkuliahan, kesan pertama saya terhadap perkuliahan ini adalah seperti saya sedang mengikuti acara motivator, bukan seperti sesi kuliah pada umumnya, bagi saya itu sangat menarik dan membuat saya penasaran. Terdapat juga larangan untuk menguap, karena menguap merupakan sesuatu yang menular. Jika ingin menguap lebih baik meminta izin untuk keluar dan mencuci muka lalu masuk kembali ke dalam kelas.
Lalu, beliau menugaskan kami untuk me-review setiap sesi kuliah. Menurut beliau, beberapa manfaat dari me-review sesi kuliah lalu menuliskannya di blog atau wordpress yaitu membagikan apa yang telah dipelajari kepada orang di luar kelas, lalu dapat memaksimalkan satu hari kita dengan kegiatan yang berguna, ada juga tentang pelajaran mengenai responsibilty, yaitu bagaimana kita bertanggung jawab atas apa yang kita tulis, bukan hanya pada diri sendiri, tetapi pada semua orang yag akan membaca tulisan kita nantinya. Lalu yang terakhir bagaimana kita juga belajar tentang administration­, yaitu bagaimana kita bisa mengatur dengan baik apa yang kita telah tuliskan dalam blog atau wordpress kita, bisa sebagai refrensi untuk melamar pekerjaan nantinya.
Berbicara soal pekerjaan, beliau memberitahukan bahwa ada beberapa tingkatan peekerjaan. Apa yang saya dapatkan dari perkataan beliau adalah: yang diperlukan untuk melamar pekerjaan sebagai bagian staff adalah analytical thinking yaitu berpikir menganalisis seperti menganalisis suatu masalah yang terjadi pada perusahaan lalu mensubmit kepada atasan kita. Lalu pada level manager, seseorang sudah sampai pada tingkat conceptual thinking yaitu seseorang sudah mempunyai konsep atau ide untuk mengembangkan perusahaan tersebut, kemudian menjadikan orang tersebut mempunyai creativity thinking atau berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah ataupun membuat konsep yang selalu baru. Dan pada level direktur, seseorang harus mempunyai pemikiran yang strategis atau strategy thinking, yang ditekankan pada level ini yaitu orang yang mempunyai rencana—rencana untuk kemajuan perusahaan di masa depan. Butuh beberapa tahun untuk mencapai dari level staff menuju direktur.
Maka dari itu, perlu bagi seseorang untuk memiliki mental entrepreneurship atau lebih dikenal dengan mental pengusaha. Bagaimana seseorang bukan hanya pada level pemikiran analisis atau konseptual, merka juga harus mengkombinasikan dua hal tersebut dengan pemikiran yang strategis untuk membangun dan mengembangkan usaha tersebut. Pilihan yang tersedia ada dua, apakah kita ingin membangun usaha kita dimana usaha tersebut telah banyak peminatnya. Atau membangun usaha yang belum ada peminatnya, tetapi kita mempunyai konsistensi untuk membangun usaha tersebut dengan inovasi-inovasi yang kita miliki, memang ada hambatannya seperti mengalami penolakan tetapi menjadi seorang trendsetter dimasa depan. Semua tergantung pada pilihan kita.
Lalu beliau juga mengajarkan tentang bagaimana cara pandang kita terhadap sesuatu. Seperti ketika menghadapi masalah, tergantung bagaimana menyikapi hal tersebut. Masalah adalah ketika apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan, berarti masalah itu datangnya dari diri kita sendiri karena harapan kita yang kemungkinan terlalu tinggi. Tapi biarlah kita mempunyai harapan yang tinggi, kita tidak perlu untuk menurunkan harapan kita, tetapi kita harusnya menaikkan standar kita agar sejajar dengan harapan kita, jadi kita bisa memandang suatu masalah bukan lagi “sesuatu yang bermasalah” lagi.
Itulah yang saya pelajari pada perkuliahan sesi pertama. Sesuai dengan nama mata kuliah ini, semoga orang yang menulis dan membacanya dapat mengambil manfaat dan mempunyai karakter dan budi pekerti yang baik. Amin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar